efek

Senin, 29 Oktober 2012

Gumi Sasak Pada Zaman Prasejarah



GUMI SASAK PADAMASA PRASEJARAHA.

1.      ZAMAN PRASEJARAH DAN ASAL-MUASALPENGHUNI GUMI SASAK.
Banyakperistiwa- peristiwapenting yang terjadidimasalaluhinggahariini,akantetapisebagianbesar  peristiwa-peristiwatersebuttidakdicatatatauditulis.Padamasatersebutmungkinorangbelummengenalhuruf ataubudayabaca-tulissehinggatidakadaketerangan-keteranganyangditinggalkansecaratertulis. Sumber-sumber yang menjadiinformasiadalahpenemuanbenda-bendaarkeologissepertipenemuantengkorak, tulang-belulangmanusiapurba, alat-alatdansenjatasederhanasertajejakjejak yang ditinggalkanpadalingkunganalam(geologis). Masaitudisebutdenganzamanprasejarah.Sedangkanmasasetelahmanusiamengenaltulisansehinggaberbagaiperistiwadapattercatat, disebutsebagaizamansejarah.Kehidupannenekmoyang Gumi Sasakpadazaman prasejarahsangatmenarikuntukdipelajarisertamemilikicirikhasyangberbedadengansuku-sukulainnya di Indonesia.Kekhasantersebutdapatdilihatdaristrukturdan model budaya yang kini berkembang.Berbagaipenemuan-penemuan yang diperoleholehmasyarakatbelummendapatkanjawabankarenamemangbelumdilakukannyapenelitiandenganmenggunakanteknologitingkattinggisepertiradioisotop.Sampaisaatini, sumberinformasi yang dapatdijadikansebagaikajiantentangperjalanan orang-orang Sasaksejakeksisnyadipulau Lombok adalahmelaluicerita-ceritarakyat, babadlontar,barang-barangpeninggalanmasalalu, danhasilpenemuanartefak/buktiarkeologislainnya. Sementaracerita-ceritarakyatdan babadlontarinisecarakeilmuanbelumbisadijadikansebagaiacuanilmiahuntukmengetahuitentangkebenaransebuahperistiwadalamsejarah.Penemuan-penemuan di GunungPiring, desaTruwaikecamatanPujut,.Lombok Selatan olehProyekPenggaliandanPenelitianPurbakala Jakarta padatahun 1976 sedikitbanyak memberikangambarantentangtata-carahidupsertasumberbahanmakananmasyarakatsukuSasakmasalarnpau.Adapunpenemuan-penemuantersebutberupaperiukutuh,kereweng, kerangkamanusia,. sisakulitkerang, arang, fragmenlogamdanbinatang. Selainpenemuanarkeologistersebut, jugaditemukanarcaBudhaAwalokiteswara, nekaradanbatunisan yang berhuruf China dan Arab. Penemuan-penemuantersebutmemberisinyalemenbahwamasyarakatsukuSasakmasalampautelahmenjalinhubungan yang intensdengandunialuar. Dari penemuan benda-bendapurbakala di Lombok Selatan dapatdisimpulkanbahwakira-kirapadaakhirzamanperunggu, pulau Lombok bagianselatantelahdihunioleh.sekelompokmanusia yang samakebudayaannyadenganpenduduk di GuaTabon Vietnam Selatan, penduduk di PulauPallawan-Filipina, penduduk di Gilimanuk Bali, danpendudukdiMalielo-Sumba. Menurut Drs. M. M. Sukartodan Prof. Solheim,gurubesar di UniversitasHawai, kebudayaan di GunungPiringitutermasukkedalam Shan HuynKalanny Tradition. Umumdiketahui bahwamanusiapurba di Indonesia merupakanjenis homo sapiens.Terdapatduarashomo sapiens di Indonesia, yaituras Mongoloid danrasAustromelanesoid. Adapunpenyebarankeduarastersebut:
1.        Ras Mongoloid, khusus sub rasMelayu-Indonesia, tersebardisebagainbesarwilayah Indonesia terutama Indonesia yangterletak di bagianbaratdanselatanantara lain Sumatera, Jawa,Bali, dan Lombok.
2.        RasAustromelanesoid, tersebar di wilayah Indonesia bagiantimurterutamaIrian Jaya danpulau-pulausekitamya.
Nenekmoyangsukubangsa Indonesia menyusurilembah-lembahsungai di Vietnam dan Thailand sampai di SemenanjungMalaya.Kemudiandenganmenggunakanperahubercadikmerekadatangkenusantara, mendarat di Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat,Bali, Nusa Tenggara termasuk Lombok sampaike Flores danSulawesiSelatan.Berdasarkanpenjelasan di atas, makapenghunisuku di pulauLombokberasaldari Asia Tenggara. Adapunkemudianpenduduk  pendatangnusantaraberasaldari Bali, Sulawesi Selatan, Jawa,Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

2.      KEHIDUPAN ZAMAN PRASEJARAH DI GUMI SASAK 
Salah satupetunjuktentangkehidupanmasalampauadalahadanyaberbagaipeninggalan, termasukpeninggalanberupajejak geologis yang dapatdiamatipadabentanganalam.LokasiBelongas,Sekarohdanlokasisekitarnyamerupakanwilayahberbatukapur yang kinikurangsuburdanditumbuhisemak-semaklantana.KetidaksuburaninidisebabkanolehkebiftsaannenekmoyangsukuSasakpadamasameramu yang biasahidupberpindah-pindah. Nenek moyangsukuSasakpadaawalnyahidupberpindah-pindahdarisatutempatketempatlainnyauntukmengumpulkanbahanmakanandarihewandantumbuhan.
KemudianpadatahapselanjutnyanenekmoyangsukuSasak  bermukim (bertempattinggal) secaraberkelompok. Hidupnyasudahlebihteraturdanmembentukpola-polakepemimpinan di tempattinggalnya.KlasifikasipemukimanmasyarakatSasakzaman prasejarahterdiridaripemukiman di daerahpantaidanpemukimandidaerahpedalaman.Dijelaskansebagaiberikut:
1.                  Pemukiman di daerahpesisirpantai. 
Nenekmoyarigkita yang tinggal di pesisirpantaimengambilmakanandaripantaidanlaut.Buktitentangkelileradaannyaadanyaalat yang ditemukansepertijaring (kerakat), alat penangkapcumi-cumidanadanyasisakerang.
2.                  Pemukiman di daerahpedalaman.
Nenekmoyangkita yang tinggal di daerahpedalaman (hutan)melqgambilbahanmakanannyadarihutanmaupunsungai-sungaiyangada di dalamhutan. Adapunjenisalat yang telahditemukandankinidisimpan di Museum NTB yaitualat-alatberburusepertitombak, jaring, sertakodongipin yang digunakanuntuk menangkapudangdankodonglindung yang dipergunakanuntuk menangkapbelut.



3.      SISTEM KEPER CAYAAN
Kehidupanmenetapmenimbulkanikatanantaramanusiadenganalamsekitarnya.Dengandemikiannenekmoyang orang Sasak (Lombok) percayabahwasetiapbendamemilikirohyangdisebutkepercayaananimisme.Buktinenekmoyang orang Sasakpercayaadanyaroh-rohnenekmoyangadalahpenemuansituspenguburan di GunungPiringyangberada di daerahperbukitan.Menurutmereka, di bukit-bukityangtinggitersebutlahrohnenekmoyangbersemayam.Selainitu,merekapercayabahwasetiapbendamemilikikekuatangaib. Olehsebabitu, merekamenyembahdanmemujaroh-roh agar tidakterjadi bencanaalam.Salahsatualatupacara yang dipergunakanolehnenpk moyang orang Sasakadalahnekara.Hal initerbuktidenganadanya penemuannekara di desaPringgabayapadatahun 1999.Akan tetapisangatdisayangkanbahwanekaratersebutrusakpadasaat penggalianmateribatu di wilayahtersebut.Nekarayaitusemacamtamburbesar, bentuknyasepertidandangterbalikdandijadikansebagaibendapusaka, dianggapsucidandipujapadawaktumengadakankegiatanupacara.
Seiringdengansemakinbanyaknyapengaruhdariluar, makaintegrasikepercayaanlokaldenganluarmenimbulkanadanyasinkretismedalamajaran-ajaran yang telahdianutsehinggamunculsistemkepe.rcayaan yang disebutBoda.Bodamerupakananasiratauunsurdariberbagaikepercayaan.Yaituunsurdarianimisme, yang percayabahwasegalasesuatumempunyairoh, kemudiandinamisme, yang percayabahwasetiapmakhlukmemilikikekuatangaib, jugaantropomorfismeyangmelakukanpengenaanciri-cirimanusiapadabinatangataubendamati, sertapoliteisme yang percayaterhadapbanyakTuhan.Pengaruhsinkretisme di dalamkepercayaanBodaini, masihbertahanhinggapertengahanabad ke20 ini, yaitumasihmempercayaiadanyakekuatanmakhluk supernatural. Makhluktersebutantara lain:
1.    Betara Guru
Raja dewa-dewa yang menurunkan raja-rajaLombok.
2.    Bidadari
SebangsaDewiyang hidup di Madyaantaraawang-awang.
3.    Bebodo' 
Sebangsahantu yang berkeliaranbilamagribtiba,terutamapadamalamJum'at. Itulahsebabnyapadasaat-saatitu,anak-anakdilarangbermain-main. lasukamenyembunyikananak kecil yang diberimakanulat. Untukmenemukannyadipukulkan parangbuntung.
4.    Bake' 
Jugasebangsahantu yang sangatjahatmembuatmanusiasakit.Tempattinggalnyadihutan, batu-batubesardanpohonkayu yang rindang.
5.    Belata' 
Samahalnyadengan bake, hanyaperbedaannyabelatamakan orang.
6.    Bebai
Sejenismakhlukhalusyangkecil, tidaksemuaorangdapatmelihatnya.Bebaidipeliharaolehselak.
7.     Sela'
Sebenarnyabukanlahmakhlukhalusmelainkanmanusiabiasa.Seorangdapatmenjadiseladisebabkanmemilikiilmusejenissihir.Olehsebabitu, iadapatmenjadisesuatusesuaikehendaknya. Ada juga orang menjadisela' karenaketurunan,demikianjuga orang yang beristrikansela', makaiamenjadisela'.Jenissela' adaduayaitu:
A.      Sela' Beleq
Kekuatannyalebihbesardanlebihhebatdalammenghancurkankekuatanlawan.Umumnyamemakan bangkaidankotoranmanusia. b.
B.       Sela' Bunga
Hidupnya di angkasadanselalumencarimusuhdimalamhari.Sela' bungatidakmemakanmakananyangkotorsepertihalnyasela' beleq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar