GUMI SASAK PADAMASA PRASEJARAHA.
1. ZAMAN
PRASEJARAH DAN ASAL-MUASALPENGHUNI GUMI SASAK.

Banyakperistiwa- peristiwapenting yang terjadidimasalaluhinggahariini,akantetapisebagianbesar peristiwa-peristiwatersebuttidakdicatatatauditulis.Padamasatersebutmungkinorangbelummengenalhuruf ataubudayabaca-tulissehinggatidakadaketerangan-keteranganyangditinggalkansecaratertulis.
Sumber-sumber yang
menjadiinformasiadalahpenemuanbenda-bendaarkeologissepertipenemuantengkorak,
tulang-belulangmanusiapurba, alat-alatdansenjatasederhanasertajejakjejak yang
ditinggalkanpadalingkunganalam(geologis).
Masaitudisebutdenganzamanprasejarah.Sedangkanmasasetelahmanusiamengenaltulisansehinggaberbagaiperistiwadapattercatat,
disebutsebagaizamansejarah.Kehidupannenekmoyang Gumi Sasakpadazaman prasejarahsangatmenarikuntukdipelajarisertamemilikicirikhasyangberbedadengansuku-sukulainnya
di Indonesia.Kekhasantersebutdapatdilihatdaristrukturdan
model budaya yang kini berkembang.Berbagaipenemuan-penemuan yang
diperoleholehmasyarakatbelummendapatkanjawabankarenamemangbelumdilakukannyapenelitiandenganmenggunakanteknologitingkattinggisepertiradioisotop.Sampaisaatini,
sumberinformasi yang dapatdijadikansebagaikajiantentangperjalanan orang-orang
Sasaksejakeksisnyadipulau Lombok adalahmelaluicerita-ceritarakyat,
babadlontar,barang-barangpeninggalanmasalalu,
danhasilpenemuanartefak/buktiarkeologislainnya.
Sementaracerita-ceritarakyatdan babadlontarinisecarakeilmuanbelumbisadijadikansebagaiacuanilmiahuntukmengetahuitentangkebenaransebuahperistiwadalamsejarah.Penemuan-penemuan di GunungPiring,
desaTruwaikecamatanPujut,.Lombok Selatan
olehProyekPenggaliandanPenelitianPurbakala Jakarta padatahun 1976
sedikitbanyak memberikangambarantentangtata-carahidupsertasumberbahanmakananmasyarakatsukuSasakmasalarnpau.Adapunpenemuan-penemuantersebutberupaperiukutuh,kereweng,
kerangkamanusia,. sisakulitkerang, arang, fragmenlogamdanbinatang.
Selainpenemuanarkeologistersebut, jugaditemukanarcaBudhaAwalokiteswara,
nekaradanbatunisan yang berhuruf China dan Arab. Penemuan-penemuantersebutmemberisinyalemenbahwamasyarakatsukuSasakmasalampautelahmenjalinhubungan
yang intensdengandunialuar. Dari penemuan benda-bendapurbakala di Lombok
Selatan dapatdisimpulkanbahwakira-kirapadaakhirzamanperunggu, pulau Lombok
bagianselatantelahdihunioleh.sekelompokmanusia yang
samakebudayaannyadenganpenduduk di GuaTabon Vietnam Selatan, penduduk di
PulauPallawan-Filipina, penduduk di Gilimanuk Bali, danpendudukdiMalielo-Sumba.
Menurut Drs. M. M. Sukartodan Prof. Solheim,gurubesar
di UniversitasHawai, kebudayaan di GunungPiringitutermasukkedalam Shan
HuynKalanny Tradition. Umumdiketahui bahwamanusiapurba
di Indonesia merupakanjenis homo sapiens.Terdapatduarashomo sapiens di
Indonesia, yaituras Mongoloid danrasAustromelanesoid. Adapunpenyebarankeduarastersebut:
1.
Ras
Mongoloid, khusus sub rasMelayu-Indonesia, tersebardisebagainbesarwilayah Indonesia terutama Indonesia yangterletak di
bagianbaratdanselatanantara lain Sumatera, Jawa,Bali, dan Lombok.
2.
RasAustromelanesoid, tersebar di wilayah Indonesia bagiantimurterutamaIrian
Jaya danpulau-pulausekitamya.
Nenekmoyangsukubangsa Indonesia
menyusurilembah-lembahsungai di Vietnam dan Thailand sampai di
SemenanjungMalaya.Kemudiandenganmenggunakanperahubercadikmerekadatangkenusantara,
mendarat di Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat,Bali, Nusa Tenggara termasuk Lombok sampaike Flores danSulawesiSelatan.Berdasarkanpenjelasan di
atas, makapenghunisuku di pulauLombokberasaldari
Asia Tenggara. Adapunkemudianpenduduk pendatangnusantaraberasaldari
Bali, Sulawesi Selatan, Jawa,Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Nusa Tenggara
Timur.
2. KEHIDUPAN ZAMAN
PRASEJARAH DI GUMI SASAK
Salah
satupetunjuktentangkehidupanmasalampauadalahadanyaberbagaipeninggalan,
termasukpeninggalanberupajejak geologis yang dapatdiamatipadabentanganalam.LokasiBelongas,Sekarohdanlokasisekitarnyamerupakanwilayahberbatukapur yang
kinikurangsuburdanditumbuhisemak-semaklantana.KetidaksuburaninidisebabkanolehkebiftsaannenekmoyangsukuSasakpadamasameramu
yang biasahidupberpindah-pindah. Nenek moyangsukuSasakpadaawalnyahidupberpindah-pindahdarisatutempatketempatlainnyauntukmengumpulkanbahanmakanandarihewandantumbuhan.
KemudianpadatahapselanjutnyanenekmoyangsukuSasak bermukim
(bertempattinggal) secaraberkelompok. Hidupnyasudahlebihteraturdanmembentukpola-polakepemimpinan
di
tempattinggalnya.KlasifikasipemukimanmasyarakatSasakzaman prasejarahterdiridaripemukiman
di daerahpantaidanpemukimandidaerahpedalaman.Dijelaskansebagaiberikut:
1.
Pemukiman di daerahpesisirpantai.
Nenekmoyarigkita yang tinggal di
pesisirpantaimengambilmakanandaripantaidanlaut.Buktitentangkelileradaannyaadanyaalat
yang ditemukansepertijaring (kerakat),
alat penangkapcumi-cumidanadanyasisakerang.
2.
Pemukiman di daerahpedalaman.
Nenekmoyangkita yang tinggal di daerahpedalaman
(hutan)melqgambilbahanmakanannyadarihutanmaupunsungai-sungaiyangada di
dalamhutan. Adapunjenisalat yang telahditemukandankinidisimpan di Museum NTB
yaitualat-alatberburusepertitombak, jaring, sertakodongipin yang
digunakanuntuk menangkapudangdankodonglindung
yang dipergunakanuntuk menangkapbelut.
3. SISTEM
KEPER CAYAAN

Kehidupanmenetapmenimbulkanikatanantaramanusiadenganalamsekitarnya.Dengandemikiannenekmoyang orang Sasak (Lombok)
percayabahwasetiapbendamemilikirohyangdisebutkepercayaananimisme.Buktinenekmoyang orang
Sasakpercayaadanyaroh-rohnenekmoyangadalahpenemuansituspenguburan di
GunungPiringyangberada di daerahperbukitan.Menurutmereka, di
bukit-bukityangtinggitersebutlahrohnenekmoyangbersemayam.Selainitu,merekapercayabahwasetiapbendamemilikikekuatangaib.
Olehsebabitu, merekamenyembahdanmemujaroh-roh agar
tidakterjadi bencanaalam.Salahsatualatupacara yang
dipergunakanolehnenpk moyang orang Sasakadalahnekara.Hal
initerbuktidenganadanya penemuannekara di desaPringgabayapadatahun 1999.Akan
tetapisangatdisayangkanbahwanekaratersebutrusakpadasaat penggalianmateribatu
di wilayahtersebut.Nekarayaitusemacamtamburbesar,
bentuknyasepertidandangterbalikdandijadikansebagaibendapusaka,
dianggapsucidandipujapadawaktumengadakankegiatanupacara.
Seiringdengansemakinbanyaknyapengaruhdariluar,
makaintegrasikepercayaanlokaldenganluarmenimbulkanadanyasinkretismedalamajaran-ajaran
yang telahdianutsehinggamunculsistemkepe.rcayaan yang
disebutBoda.Bodamerupakananasiratauunsurdariberbagaikepercayaan.Yaituunsurdarianimisme,
yang percayabahwasegalasesuatumempunyairoh, kemudiandinamisme, yang
percayabahwasetiapmakhlukmemilikikekuatangaib,
jugaantropomorfismeyangmelakukanpengenaanciri-cirimanusiapadabinatangataubendamati,
sertapoliteisme yang percayaterhadapbanyakTuhan.Pengaruhsinkretisme di
dalamkepercayaanBodaini, masihbertahanhinggapertengahanabad ke20
ini, yaitumasihmempercayaiadanyakekuatanmakhluk supernatural.
Makhluktersebutantara lain:
1. Betara Guru
Raja dewa-dewa yang menurunkan raja-rajaLombok.
2. Bidadari
SebangsaDewiyang hidup di Madyaantaraawang-awang.
3. Bebodo'
Sebangsahantu yang
berkeliaranbilamagribtiba,terutamapadamalamJum'at.
Itulahsebabnyapadasaat-saatitu,anak-anakdilarangbermain-main.
lasukamenyembunyikananak kecil yang diberimakanulat.
Untukmenemukannyadipukulkan parangbuntung.
4. Bake'
Jugasebangsahantu yang sangatjahatmembuatmanusiasakit.Tempattinggalnyadihutan, batu-batubesardanpohonkayu yang rindang.
5. Belata'
Samahalnyadengan bake, hanyaperbedaannyabelatamakan
orang.
6. Bebai
Sejenismakhlukhalusyangkecil, tidaksemuaorangdapatmelihatnya.Bebaidipeliharaolehselak.
7. Sela'
Sebenarnyabukanlahmakhlukhalusmelainkanmanusiabiasa.Seorangdapatmenjadiseladisebabkanmemilikiilmusejenissihir.Olehsebabitu,
iadapatmenjadisesuatusesuaikehendaknya. Ada juga orang menjadisela' karenaketurunan,demikianjuga
orang yang beristrikansela', makaiamenjadisela'.Jenissela' adaduayaitu:
A. Sela' Beleq
Kekuatannyalebihbesardanlebihhebatdalammenghancurkankekuatanlawan.Umumnyamemakan bangkaidankotoranmanusia. b.
B.
Sela'
Bunga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar