efek

Senin, 29 Oktober 2012

Kesadaran Hukum Dimulai Dari Sekolah



Kesadaran Hukum Dimulai Dari Sekolah
Ahad, 26 Juni 2011 | 11:19:03 | 262 Views
http://sergainews.com/photo/1309062146beri%20bingkisan.jpg
Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si memberikan bingkisan kepada guru-guru PNS yang akan memasuki masa pensiun pada acara pembinaan dan peningkatan pengetahuan tentang huk
SERDANG BEDAGAI - Pendidikan karakter positif sejak usia dini sangatlah penting. Salah satu karakter positif yang harus ditanamkan pada generasi muda bangsa adalah kesadaran hukum. Guru sebagai sosok pendidik menjadi ujung tombak penanaman kesadaran hukum, melalui keteladanan sikap maupun perbuatan.

Hal ini dijelaskan Kejatisu AK. Basuni Masyarif. SH. MH, guna mendukung peran kunci guru sebagi ujung tombak kesadaran hukum di lingkungan sekolah pada khususnya, pada acara Pembinaan dan Peningkatan Pengetahuan Tentang Kesadaran Hukum yang difasilitasi Disdik Kabupaten Sergai bertempat di Halaman Kantor Disdik Pemkab Sergai, Sei Rampah.

Dalam materinya Kejatisu menekankan pentingnya pendidikan karakter positif bangsa, yang salah satunya adalah kesadaran hukum. Kejatisu juga menghimbau para pejabat maupun abdi negara termasuk para guru, memperhatikan peraturan dan undang-undang yang berlaku dalam bersikap dan bertindak.

Kejatisu dalam kunjungan perdananya kali ini menjabarkan paradigma baru Kejaksaan. Salah satu poin terpenting dari pejabaran tersebut adalah permintaan agar aparatur eksekutif memperlakukan institusi kejaksaan sebagai mitra kerja, bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti.

Karena sesuai undang-undang, salah satu fungsi kejaksaan adalah sebagai pengacara negara. Bahkan guna menghindari tuduhan dan tuntutan hukum, sangat disarankan kiranya dalam setiap pelelangan proyek, meminta supervisi dari kejaksaan setempat. Dan Kejatisu berharap agar penegakan hukum dapat bersinergi atas program Pemkab Sergai dan diakhir penyampaiannya beliau memberikan apresiasi terhadap program pembangunan Bupati Sergai.

Bupati Sergai Ir. H.T. Erry Nuradi dalam sambutannya menegaskan bahwa para guru dalam pelaksanaan tugas dan profesinya dilindungi oleh pasal 39 UU No. 14 Tahun 2005. Sebab guru dalam mengemban tugas mencerdaskan kehidupan bangsa bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi hukuman harus diberikan kepada peserta didik untuk mendisiplinkan, tetapi di sisi lain dengan hukuman mendidik guru dianggap melanggar HAM dan undang-undang perlindungan anak.

Padahal guru sebagai pengemban tugas profesional mempunyai beban berat untuk mempersiapkan generasi bangsa yang handal serta berakhlak mulia. Yaitu memaparkan kemajuan pendidikan di Kabupaten Sergai setelah pemekaran. Sebelum menutup kata sambutannya bapak Bupati Sergai memaparkan kemajuan pesat dunia pendidikan yagn telah dicapai setelah Sergai dimekarkan dari Kabupaten induk.

Dua barometer utama yang dijadikan acuan kemajuan oleh bapak Bupati adalah pertama telah tersedianya sekolah setingkat SMA di seluruh Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Sergai. Kedua, berani berinovasi dengan memulai program wajib belajar 12 tahun, melampaui kebijakan program pemerintah pusat yang mencanangkan wajib belajar 9 tahun. Meski diakui oleh bapak Bupati sendiri, program ini dari segi anggaran masih sangat berat untuk dijalankan.(AP)

Gumi Sasak Pada Zaman Prasejarah



GUMI SASAK PADAMASA PRASEJARAHA.

1.      ZAMAN PRASEJARAH DAN ASAL-MUASALPENGHUNI GUMI SASAK.
Banyakperistiwa- peristiwapenting yang terjadidimasalaluhinggahariini,akantetapisebagianbesar  peristiwa-peristiwatersebuttidakdicatatatauditulis.Padamasatersebutmungkinorangbelummengenalhuruf ataubudayabaca-tulissehinggatidakadaketerangan-keteranganyangditinggalkansecaratertulis. Sumber-sumber yang menjadiinformasiadalahpenemuanbenda-bendaarkeologissepertipenemuantengkorak, tulang-belulangmanusiapurba, alat-alatdansenjatasederhanasertajejakjejak yang ditinggalkanpadalingkunganalam(geologis). Masaitudisebutdenganzamanprasejarah.Sedangkanmasasetelahmanusiamengenaltulisansehinggaberbagaiperistiwadapattercatat, disebutsebagaizamansejarah.Kehidupannenekmoyang Gumi Sasakpadazaman prasejarahsangatmenarikuntukdipelajarisertamemilikicirikhasyangberbedadengansuku-sukulainnya di Indonesia.Kekhasantersebutdapatdilihatdaristrukturdan model budaya yang kini berkembang.Berbagaipenemuan-penemuan yang diperoleholehmasyarakatbelummendapatkanjawabankarenamemangbelumdilakukannyapenelitiandenganmenggunakanteknologitingkattinggisepertiradioisotop.Sampaisaatini, sumberinformasi yang dapatdijadikansebagaikajiantentangperjalanan orang-orang Sasaksejakeksisnyadipulau Lombok adalahmelaluicerita-ceritarakyat, babadlontar,barang-barangpeninggalanmasalalu, danhasilpenemuanartefak/buktiarkeologislainnya. Sementaracerita-ceritarakyatdan babadlontarinisecarakeilmuanbelumbisadijadikansebagaiacuanilmiahuntukmengetahuitentangkebenaransebuahperistiwadalamsejarah.Penemuan-penemuan di GunungPiring, desaTruwaikecamatanPujut,.Lombok Selatan olehProyekPenggaliandanPenelitianPurbakala Jakarta padatahun 1976 sedikitbanyak memberikangambarantentangtata-carahidupsertasumberbahanmakananmasyarakatsukuSasakmasalarnpau.Adapunpenemuan-penemuantersebutberupaperiukutuh,kereweng, kerangkamanusia,. sisakulitkerang, arang, fragmenlogamdanbinatang. Selainpenemuanarkeologistersebut, jugaditemukanarcaBudhaAwalokiteswara, nekaradanbatunisan yang berhuruf China dan Arab. Penemuan-penemuantersebutmemberisinyalemenbahwamasyarakatsukuSasakmasalampautelahmenjalinhubungan yang intensdengandunialuar. Dari penemuan benda-bendapurbakala di Lombok Selatan dapatdisimpulkanbahwakira-kirapadaakhirzamanperunggu, pulau Lombok bagianselatantelahdihunioleh.sekelompokmanusia yang samakebudayaannyadenganpenduduk di GuaTabon Vietnam Selatan, penduduk di PulauPallawan-Filipina, penduduk di Gilimanuk Bali, danpendudukdiMalielo-Sumba. Menurut Drs. M. M. Sukartodan Prof. Solheim,gurubesar di UniversitasHawai, kebudayaan di GunungPiringitutermasukkedalam Shan HuynKalanny Tradition. Umumdiketahui bahwamanusiapurba di Indonesia merupakanjenis homo sapiens.Terdapatduarashomo sapiens di Indonesia, yaituras Mongoloid danrasAustromelanesoid. Adapunpenyebarankeduarastersebut:
1.        Ras Mongoloid, khusus sub rasMelayu-Indonesia, tersebardisebagainbesarwilayah Indonesia terutama Indonesia yangterletak di bagianbaratdanselatanantara lain Sumatera, Jawa,Bali, dan Lombok.
2.        RasAustromelanesoid, tersebar di wilayah Indonesia bagiantimurterutamaIrian Jaya danpulau-pulausekitamya.
Nenekmoyangsukubangsa Indonesia menyusurilembah-lembahsungai di Vietnam dan Thailand sampai di SemenanjungMalaya.Kemudiandenganmenggunakanperahubercadikmerekadatangkenusantara, mendarat di Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat,Bali, Nusa Tenggara termasuk Lombok sampaike Flores danSulawesiSelatan.Berdasarkanpenjelasan di atas, makapenghunisuku di pulauLombokberasaldari Asia Tenggara. Adapunkemudianpenduduk  pendatangnusantaraberasaldari Bali, Sulawesi Selatan, Jawa,Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

2.      KEHIDUPAN ZAMAN PRASEJARAH DI GUMI SASAK 
Salah satupetunjuktentangkehidupanmasalampauadalahadanyaberbagaipeninggalan, termasukpeninggalanberupajejak geologis yang dapatdiamatipadabentanganalam.LokasiBelongas,Sekarohdanlokasisekitarnyamerupakanwilayahberbatukapur yang kinikurangsuburdanditumbuhisemak-semaklantana.KetidaksuburaninidisebabkanolehkebiftsaannenekmoyangsukuSasakpadamasameramu yang biasahidupberpindah-pindah. Nenek moyangsukuSasakpadaawalnyahidupberpindah-pindahdarisatutempatketempatlainnyauntukmengumpulkanbahanmakanandarihewandantumbuhan.
KemudianpadatahapselanjutnyanenekmoyangsukuSasak  bermukim (bertempattinggal) secaraberkelompok. Hidupnyasudahlebihteraturdanmembentukpola-polakepemimpinan di tempattinggalnya.KlasifikasipemukimanmasyarakatSasakzaman prasejarahterdiridaripemukiman di daerahpantaidanpemukimandidaerahpedalaman.Dijelaskansebagaiberikut:
1.                  Pemukiman di daerahpesisirpantai. 
Nenekmoyarigkita yang tinggal di pesisirpantaimengambilmakanandaripantaidanlaut.Buktitentangkelileradaannyaadanyaalat yang ditemukansepertijaring (kerakat), alat penangkapcumi-cumidanadanyasisakerang.
2.                  Pemukiman di daerahpedalaman.
Nenekmoyangkita yang tinggal di daerahpedalaman (hutan)melqgambilbahanmakanannyadarihutanmaupunsungai-sungaiyangada di dalamhutan. Adapunjenisalat yang telahditemukandankinidisimpan di Museum NTB yaitualat-alatberburusepertitombak, jaring, sertakodongipin yang digunakanuntuk menangkapudangdankodonglindung yang dipergunakanuntuk menangkapbelut.



3.      SISTEM KEPER CAYAAN
Kehidupanmenetapmenimbulkanikatanantaramanusiadenganalamsekitarnya.Dengandemikiannenekmoyang orang Sasak (Lombok) percayabahwasetiapbendamemilikirohyangdisebutkepercayaananimisme.Buktinenekmoyang orang Sasakpercayaadanyaroh-rohnenekmoyangadalahpenemuansituspenguburan di GunungPiringyangberada di daerahperbukitan.Menurutmereka, di bukit-bukityangtinggitersebutlahrohnenekmoyangbersemayam.Selainitu,merekapercayabahwasetiapbendamemilikikekuatangaib. Olehsebabitu, merekamenyembahdanmemujaroh-roh agar tidakterjadi bencanaalam.Salahsatualatupacara yang dipergunakanolehnenpk moyang orang Sasakadalahnekara.Hal initerbuktidenganadanya penemuannekara di desaPringgabayapadatahun 1999.Akan tetapisangatdisayangkanbahwanekaratersebutrusakpadasaat penggalianmateribatu di wilayahtersebut.Nekarayaitusemacamtamburbesar, bentuknyasepertidandangterbalikdandijadikansebagaibendapusaka, dianggapsucidandipujapadawaktumengadakankegiatanupacara.
Seiringdengansemakinbanyaknyapengaruhdariluar, makaintegrasikepercayaanlokaldenganluarmenimbulkanadanyasinkretismedalamajaran-ajaran yang telahdianutsehinggamunculsistemkepe.rcayaan yang disebutBoda.Bodamerupakananasiratauunsurdariberbagaikepercayaan.Yaituunsurdarianimisme, yang percayabahwasegalasesuatumempunyairoh, kemudiandinamisme, yang percayabahwasetiapmakhlukmemilikikekuatangaib, jugaantropomorfismeyangmelakukanpengenaanciri-cirimanusiapadabinatangataubendamati, sertapoliteisme yang percayaterhadapbanyakTuhan.Pengaruhsinkretisme di dalamkepercayaanBodaini, masihbertahanhinggapertengahanabad ke20 ini, yaitumasihmempercayaiadanyakekuatanmakhluk supernatural. Makhluktersebutantara lain:
1.    Betara Guru
Raja dewa-dewa yang menurunkan raja-rajaLombok.
2.    Bidadari
SebangsaDewiyang hidup di Madyaantaraawang-awang.
3.    Bebodo' 
Sebangsahantu yang berkeliaranbilamagribtiba,terutamapadamalamJum'at. Itulahsebabnyapadasaat-saatitu,anak-anakdilarangbermain-main. lasukamenyembunyikananak kecil yang diberimakanulat. Untukmenemukannyadipukulkan parangbuntung.
4.    Bake' 
Jugasebangsahantu yang sangatjahatmembuatmanusiasakit.Tempattinggalnyadihutan, batu-batubesardanpohonkayu yang rindang.
5.    Belata' 
Samahalnyadengan bake, hanyaperbedaannyabelatamakan orang.
6.    Bebai
Sejenismakhlukhalusyangkecil, tidaksemuaorangdapatmelihatnya.Bebaidipeliharaolehselak.
7.     Sela'
Sebenarnyabukanlahmakhlukhalusmelainkanmanusiabiasa.Seorangdapatmenjadiseladisebabkanmemilikiilmusejenissihir.Olehsebabitu, iadapatmenjadisesuatusesuaikehendaknya. Ada juga orang menjadisela' karenaketurunan,demikianjuga orang yang beristrikansela', makaiamenjadisela'.Jenissela' adaduayaitu:
A.      Sela' Beleq
Kekuatannyalebihbesardanlebihhebatdalammenghancurkankekuatanlawan.Umumnyamemakan bangkaidankotoranmanusia. b.
B.       Sela' Bunga
Hidupnya di angkasadanselalumencarimusuhdimalamhari.Sela' bungatidakmemakanmakananyangkotorsepertihalnyasela' beleq.

lombokweb.com kursus website dan jasa pembuatan website di lombok murah



“ lombokweb.com kursus website dan jasa pembuatan website di lombok murah “
Skarang udah jaman internet, and sekarang orang udah ngerti yang namanya internet itu apa siehhhh,,,,,,, sekarang juga orang malesss nyari kerjaan sambil nelusurin trotoar dijalanan.,.,
Tinggal buka internet terus buka website, tapi bagi yang belum bisa bikin website kunjungin aja  www.lombokwebsite.com kamu bakalan diajarin gimana cara bikin website dengan cepat dan dengan harga murah meriah.
Kamu gag bakalan dapet tempet kursus semurah ini dimana-mana, terus kamu juga bakalan dapet jasa pembuatan website lagi.
Maka dari itu, kamu harus cepet-cepet buka www.lombokweb.com soalnya kamu tu bakalan diajarin gimana cara ngebuat website seditail-ditailnya okehhhhh,,.
 

Tokoh Sosiologi



biografi
tokoh sosiologi

oleh

nama:luluk apriani
kelas: X rsbi 4



A.AUGUSTE COMTE

Memiliki nama panjang Isidore Marie Auguste François Xavier Comte. Comte lahir pada tanggal 19 Januari 1789 di kota Monpellier di Perancis Selatan, dari orang tua yang menjadi pegawai kerajaan dan penganut agama Katolik yang saleh. Auguste Comte mengharapkan bahwa segala sesuatu harus dibuktikan secara ilmiah atau empiris.

Perjalanan Hidup dan Karya Comte serta Pandangannya tentang Ilmu Pengetahuan. Auguste Comte adalah seseorang yang untuk pertama kali memunculkan istilah “sosiologi” untuk memberi nama pada satu kajian yang memfokuskan diri pada kehidupan sosial atau kemasyarakatan. Saat ini sosiologi menjadi suatu ilmu yang diakui untuk memahami masyarakat dan telah berkembang pesat sejalan dengan ilmu-ilmu lainnya.Dalam hal itu, Auguste Comte diakui sebagai “Bapak” dari sosiologi.

Auguste Comte pada dasarnya bukanlah orang akademisi yang hidup di dalam kampus.Perjalanannya di dalam menimba ilmu tersendat-sendat dan putus di tengah jalan.Berkat perkenalannya dengan Saint-Simon, sebagai sekretarisnya, pengetahuan Comte semakin terbuka, bahkan mampu mengkritisi pandangan-pandangan dari Saint-Simon.Pada dasarnya Auguste Comte adalah orang pintar, kritis, dan mampu hidup sederhana tetapi kehidupan sosial ekonominya dianggap kurang berhasil.Comte menganut agama Humanitas, dia terpengaruh oleh Laurence.

Sosial Statics Dan Sosial Dynamics

1.      Menurut Comte social static adalah suatu studi tentang hukum-hukum aksi dan reaksi antara bagian-bagian dari suatu sistem sosial.

Social Static merupakan bagian yang paling elementer dari ilmu sosiologi, namun bukan merupakan bagian yang paling penting dari studi mengenai sosiologi karena merupakan hasil dari suatu pertumbuhan.Inilah yang kemudian oleh Comte di definisikan sebagai teori mengenai perkembangan dan kemajuan masyarakat manusia.

2.      Atas dasar tingkat perkembangan intelegensi manusia yang lebih tinggi dari binatang munculah dalam sosial dynamics maka adanya perkembangan masyarakat melalui 3 tahap, yaitu:

a.       Tahap Theologies : segala sesuatu dikaitkan dengan yang supernatural. Ada tiga tahap yakni :

Fetheism : segala hal yang terjadi bersumber dari supernatural dan semua benda mempunyai kekuatan jiwa.
Polytheism : percaya akan banyaknya dewa dan dipengaruhi oleh animeisme dan dinamisme.
Monotheism : gejala-gegala alam berpusat pada kekuatan tunggal yakni Yuhan Yanga Maha Esa.

b.      Tahap Metaphisik : perantaa dari teologis ke positive.

c.       Tahap Positvistis/Rasional/Ilmiah : segala sesuatu dibuktikan dengan data empiris. Seorang ilmuan tidak boleh dipengaruhi emosionalnya.

B. EMILE DURKHEIM

Lahir di Epinal di propinsi Lorraine di Perancis Timur pada 15 April 1858.Collective Consiusness merupakan dasar dari setiap teori-teori Emile Durkeim.Durkheim wafat tanggal 15 November 1917. The Diivision of Labor in Society (1893); The Rules of Sociological Method (1895); Suicede (1897); The Elementari Form of Religious Life (1912)

Teori yang dikemikakan oleh Emile Durkheim:

1. Fakta Sosial (The Rule Of Sociological Method)

Yaitu seluruh cara bertindak yang umum dipakai suatu masyarakat dan pada saat yang sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individu.

2. Teori Bunuh Diri (Suicide)

Durkheim memusatkan perhatiannya kepada 3 macam kesatuan sosial yang pokok di dalam masyarakat, yaitu:

    Bunuh diri di dalam kesatuan agama: rasa ingin menjadi pahlawan.
    Bunuh diri di dalam kesatuan keluarga: rasa kolektivitas besar.
Bunuh diri dalam kesatuan politik.

Jenis bunuh diri:

a.       Bunuh diri egoistis (egoistic suicide)

Yaitu bunuh diri yang dilakukan oleh seseorang yang tidak dapat menolak role expectation (peranan yang diharapkan dari dirinya oleh masyarakat).

b.      Bunuh diri altruistik (altruistic suicide)

Yaitu seseorang melakukan bunuh diri karena merasa dirinya menjadi beban masyarakat, dan merasa kepentingan masyarakat lebih tinggi dibandingkan kepentingannya.

c.       Bunuh diri anomik (anomic suicide)

Yaitu bunuh diri yang dilakukan akibat tidak adanya aturan yang mengatur pola sikapnya.

d.      Bunuh diri fatalistik (fatalistic suicide)

Bunuh diri yang disebabkan oleh keadaan putus asa ataupun pasrah pada keadaan disekitarnya.Jika integrasi lemah, bunuh diri naik.Namun, jika integrasi kuat, bunuh diri rendah.



3. Teori Solidaritas (The Division of Labour in Society)

a.       Solidaritas mekanis (tidak terspesialisasi), ada pada masyarakat tradisional.

b.      Solidaritas organis (mulai terspesialisasi), ada pada masyarakat modern.

Konsekuensi dari mekanis ke organis yaitu individualisme mulai muncul.



4. Teori Tentang Agama (The Elementary Froms of Religious Life)

Asal mula agama adalah dari masyarakat itu sendiri.Setiap masyarakat selalu membedakan mengenai hal-hal yang dianggap duniawiyah.Terhadap hal-hal yang dianggap suci manusia selalu membeda-bedakan dengan yang tidak dianggap suci.

Agama merupakan perwujudan dari Collective Consciousness sekalipun selalu ada perwujudan-perwujudan yang lain. Dua hal pokok dalam agama menurut beliau yakni apa yang disebut kepercayaan dan apa yang disebut ritus atau upacara-upacara. Kepercayaan adalah merupakan bentuk dari pikiran dan upacara-upacara atau ritus merupakan tindakan.



C. KARL MARX

Dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1818 di kota Trier di tepi sungai Rhine, beliau seorang keturunan orang borjuis. Namun, Marx dikenal sebagai penentang kaum borjuis. Buku Karl Marx yang  tentang pertentangan kelas. Kelas menurutàterkenal yaitu Das Kapital Marx adalah motor dari segala perubahan serta kemajuan. Hubungan sosial menurut Marx didasarkan posisi masing-masing terhadap sarana produksi.
Teori-teori Karl Marx:





a.       Teori Dialektika

Suatu pandangan mengenai pertentangan antara tesisi dan anti tesisi titik temunya akan membentuk tesis baru yang bertentangan begitu seterusnya atau pertentangan antara dus kelas yakni kelas yang memiliki dan menguasai alat produksi dan kelas yang tidak memiliki dan menguasai alat produksi, hal ini akan berjalan terus kalau belum terbentuk masyarakat utopia (masyarakat sosialis atau komunis).

b. Dinamika Perubahan Sosial

perubahan masyarakat melalui revolusioner dimulai dari:

a.       Tradisional/property: hunting and fishing

b.      Feodal : tanah sudah mengenal sewa

c.       Kapitalis : kapital majikan yang menguasai alat-alat produksi dengan buruh di lain pihak.

d.      Sosialis : yang mempunyai hak milik adalah negara (state). Suatu masa transisi menuju komunis.Pada tahap ini masih ada negara yang mengatur, maka muncul birokrasi rakyat atau dictator ploretariat setelah negara dilebur, maka munculah komunis.

e.       Komunis : cita-cita tidak mempunyai kuasa dan yang dikuasai. Masyarakat komunis melihat ini sebagai suatu ideology yang harus dilaksanakan. Komunis yang melahirkan masyarakat: tanpa kelas, tanpa milik, tanpa kekuasaan dan tanpa perbedaan

3. Teori Kelas

Yaitu sekelompok orang-orang yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama dalam organisasi produksi. Ada tiga kelas masyarakat menurut Marx yaitu:

a. Kelas pemilik tanah

b. Kelas pemilik modal

c. Kelas pekerja



4. Teori Alienasi

Bahwa kelangsungan hidup manusia serta pemenuhan kebutuhannya tergantung pada kegiatan produktif, dimana orang terlibat dalam mengubah lingkungan fisiknya tetapi sebagai konsekwensinya bahwa manusia harus menyesuaikan diri dengan produksinya itu yang membatasinya sebagai manusia walaupun manusialah yang menciptakan.

Empat unsur dasar alienasi:

a.                 Pekerja di dalam masyarakat kapitalis teralienasi dari aktivitas produksi mereka.

b.                Pekerja tidak hanya teralienasi dari aktivitas produksi tetapi juga dari tujuan aktivitas tersebut/ produk.

c.                 Pekerja dalam kapitalisme teralienasi dari sesama pekerja.

d.                Pekerja dalam masyarakat kapitalis teralienasi dari potensi kemanusian mereka sendiri.



D. MAX WEBER

Weber adalah seorang sosiolog yang ahli kebudayaan, ahli politik, hukum, bahkan ekonomi.Weber merupakan anak tertua dari tujuh bersaudara, lahir pada tanggal 21 April 1864 di Erfurt Jerman.Ia meninggal dunia pada 14 Juni 1920 ketika mengerjakan karya terpentingnya yakni Economy and Society. Dari sekian banyak karyanya yang termasyur antara lain: Wirtschaft und Gessellschaft; Gesammelte Aufsatze zur Wissenschaftlehre. Karyanya yang paling fenomenal yakni Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism.

Teori yang dikemukakan oleh Weber adalah kelas dan status,  kekuasaan, dan rasionalitas.





1. Tindakan Sosial

Beliau menganggap sosiologi adalah suatu ilmu yang berusaha memahami tindakan-tindakan sosial dengan menguraikannya dengan menerangkan sebab-sebab tindakan tersebut. Weber memisahkan empat tindakan sosial di dalam sosiologinya, yaitu apa yang disebutnya dengan:

a.       Rasional instrumental (zweck rational) yakni tindakan sosial yang menyandarkan diri pada pertimbangan-pertimbangan manusia yang rasional ketika menanggapi lingkungan eksternalnya.

b.      Rasional berorientasi nilai (wert rational) yakni suatu tindakan sosial yang menyandarkan diri pada suatu nilai-nilai absolut tertentu.

c.       Afektif/ affectual: yaitu suatu tindakan sosial yang timbul karena doronan atau motivasi yang sifatnya emosional.

d.      Tradisional yaitu tindakan yang didorong dan berorientasi kepada tradisi masa lampau.

2. Teori Kekuasaan dan Wewenang

Kekuasaan menurut weber adalah kemampuan untuk memaksakan kehendak meskipun sebenarnya mendapat tentangan atau tantangan dari orang lain.

Tiga jenis legitimasi atau wewenang menurut Weber:

a.       Wewenang tradisional

Berlandas pada kepercayaan yang mapan terhadap kekudusan, tradisi zaman, serta legitimasi status berdasarkan otoritas.

b.      Wewenang kharismatik

Mutu luar biasa yang dimiliki seseorang dan tidak dimiliki oleh orang lain.





c.       Wewenang rasional – legal

Berdasar pada komitmen terhadap seperangkat aturan yang diundangkan secara resmi dan diatur secara impersonal (resmi dan umum).

3. Etika Protestan dan Spirit Kapitalisme

Dimana weber meneliti berbagai agama yang ada di dunia dan menemukan sebuah kesamaan dimana keluarga atau negara yang mayoritas memeluk agama Protestan memiliki konsep hidup hemat dan cenderung menjadi lebih kaya dari pada negara yang mayoritas memiliki agama lain. Di awal periode  kapitalisme, agen terpenting adalah orang protestan. Dan ini diteliti oleh Max Weber  khususnya dalam penggerak kapitalisme, yang salah satunya adalah keyakinan agama mereka yang mengahsilkan motivasi aktivitas pro kapitalis yang berorientasi pada kehidupan duniawi.

.

E. GEORG SIMMEL

Lahir tahun 1858 di pusat kota Berlin, ayahnya seorang pedagang Yahudi kaya. Simmel menerima gelar doctor dari Universitas Berlin tahun 1881 dan mulai mengajar di sana tahun 1885. Selama lima belas tahun dia tetap sebagai dosen-privat (privatdozent, yakni dosen yang tidak dibayar yang gajinya berdasarkan pembayaran mahasiswa). Kemudian dia menerima gelar “Profesor Luar Biasa”, tetapi hanya merupakan kehormatan belaka tanpa kompensasi uang. Simmel akhirnya meninggalkan Universitas Berlin tahun 1914, untuk menerima posisi sebagai profesor penuh pada Universitas Strasbourg, namun malang kehidupan akademisnya segera terhenti karena pecah perang.
Karya atau pemikiran-pemikiran Simmel terpengaruh dari beberapa tokoh.Dalam karyanya On Social Differentiation, Simmel terpengaruh dari model evolusi Spencer.Pembedaan Simmel antara bentuk dan isi terpengaruh pada Filsafat Kant, yaitu seorang ahli filsafat dari Jerman.Pemikiran dialektis yang dikemukakan Simmel merupakan pengaruh analisa dialektik dari Hegel.

Teori-teori Simmel yaitu:

a. Pemikiran Dialektis.

Yaitu suatu pemikiran dimana individu memiliki hubungan yang bersifat dualistis. Disatu pihak dia merupakan anggota masyarakat dan disosialisasikan di dalam masyarakat tersebut, tetapi pada waktu yang sama dia juga menentang masyarakat itu sendiri. Pemikiran Dialektik merupakan salah satu teori Simmel yang paling terkenal.

b. Interaksi Sosial.

Simmel mencoba membedakan bentuk dan isi dari interaksi.Bentuk yang dibedakan dari isinya disebut Sosiabilita.Selain sosiabilita, Simmel juga membedakan tentang Superordinasi dan Subordinasi.

Tiga wilayah masalah dalam sosiologi menurut Simmel yaitu:

a.       Sosiologi murni, tentang variabel-variabel sosialisasi dan interaksi.

b.      Sosiologi umum yang membahas produk sosial dan cultural.

c.       Sosiologi filosofis.



F. HERBERT SPENCER

Dilahirkan di kota Derby Inggris pada 27 April 1820 dan meninggal pada tahun 1930. Spencer membagi masyarakat menjadi dua tipe yaitu masyarakat industri dan masyarakat militer.Herbert terpengaruh oleh teori Darwinisme hingga munculah teori Darwinisme Sosial atas perkenalan Spencer dengan istilah Survival of the Fittest.

1. Teori Darwinisme Sosial (perkembangan masyarakat) :

a.          Struggule of life

b.      Survival of the vitaes; bagaimana masyarakat dapat bertahan dari tantangan dan situasi.

c.          Natural selection; adanya seleksi alam

d.      Progress

Dalam perkembangannya dalam masyarakat terjadilah empat tahap dalam proses penggabungan teori:

a.       Penggandaan (penambahan)

b.      Kompleksifikasi

c.       Pembagian/ diferensiasi

d.      Pengintegrasian

2. Kebenaran Universal

a.          Adanya materi yang dapat rusak

b.      Adanya kesinambungan gerak
c.      Adanya tenaga dan kekuatan yang terus menerus.



G. FERDINAND TONNIES

Ferdinand Tonnies lahir pada tahun 1855 dan wafat pada tahun 1936.Ia merupakan salah seorang sosiolog Jerman yang turut membangun institusi terbesar yang sangat berperan dalam sosiologi Jerman. Ferdinand Tonnies memiliki berbagai karya diantaranya Gemeinschaft dan Gesellschaft (yang dipublikasikan pertamakali pada tahun 1887)

1. Teori Masyarakat

a.          Zweckwille, yaitu kemauan rasional yang hendak mencapai suatu tujuan. Zweckwille, apabila orang hendak mencapai suatu tujuan tertentu dan mengambil tujuan rasional kearah itu.Lebih menonjol di kalangan pedagang, ilmuwan dan pejabat-pejabat umumnya orang tua yang bersikap lebih rasional dan berkepala dingin daripada orang muda.

b.      Kurwille, yaitu dorongan batin berupa perasaan. Triebwille bersumber pada selera perasaan, kecenderungan psikis, kebutuhan biotis, tradisi atau keyakinan orang.paling menonjol dikalangan petani, orang seniman, rakyat sederhana, khususnya wanita dan generasi muda.

2. Gemeinschaft dan Gesselchaft

a.         Teori Gemeinschaft (paguyuban)

Merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal.

b.      Teori Gesselschaft (patembayan)

Merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka (imaginary) serta strukturnya bersifat mekanis sebagaimana dapat diumpamakan dengan sebuah mesin.

3. Teori evolusi tanpa kemajuan

Evolusi terjadi secara berlawanan dengan kebutuhan manusia, lebih menuju kearah memperburuk ketimbang meningkatkan kondisi kehidupan manusia.

4. Teori nilai

Menurut Tonnies, “Kehidupan bersama berasal dari kemauan manusia.” tentang bagaimana etika yang ada dalam masyarakat dan bagaimana estetika yang di hargai.
8.IBNU KHALDUN (1332-1406 )
A. Latar Belakang Pendidikan Ibnu Khaldun
Seorang sarjana sosiologi dari Italia, Gumplowiez melalui penelitiannya yang cukup panjang, berpendapat, ”Kami ingin membuktikan bahwa sebelum Auguste Comte (1798-1857M) dan Giovani Vico (1668-1744M) telah datang seorang muslim yang tunduk pada ajaran agamanya. Dia telah mempelajari gejala-gejala sosial dengan akalnya yang cemerlang. Apa yang ditulisnya itulah yang kini disebut sosiologi. (Gumplowiez, Ibnu Khaldun, Arabischersoziologe des 14 jahrundert. Dalam ‘Sociologigsche Essays:PP.201-202).
Sejarawan dan Bapak Sosiologi Islam ini dari Tunisia. Ia keturunan Yaman dengan nama lengkapnya Waliuddin bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin Al Hasn. Namun ia lebih dikenal dengan nama Ibnu Khaldun. Keluarganya berasal dari Hadramaut (kini Yaman) dan silsilahnya sampai pada seorang sahabat Nabi Muhammad Nabi Muhammad SAW. bernama Wail bin Hujr dari kabilah Kindah, salah seorang cucu Wail, Khalid bin Usman, memasuki daerah Andalusia bersama orang-orang arab penakluk pada tahun ke-3 H(9 M). Anak cucu Khalid bin Usman membentuk satu keluarga besar bernama Bani Khaldun, dari bani inilah asal nama Ibnu Khaldun.
Ia lahir di Tunisia pada tanggal 27 Mei 1332 M (1 Ramadhan 732 H), tetapi sebenarnya ia dari Seville,Spanyol. Sejak kecil, ia sudah hafal Al-Qur’an. Di tanah kelahirannya itu ia mempelajari syari’at (tafsir, hadits, tauhid, fiqih) fisika dan matematika. Saat itu Tunisia telah menjadi pusat perkembangan ilmu di Afrika Utara.
Sejak usia muda,ia sudah mengikuti kegiatan politik praktis. Situasi politik yang tidak menentu di Tunisia, menyebabkan Ibnu Khaldun melakukan pengembaraan dari Maroko sampai Spanyol. Pada tahun 1375, beliau pindah ke Granada, Spanyol. Karena keadaan politik Granada tidak stabil ia menetap di Qal’at Ibnu Salamah di daerah Tilmisan,ibukota Maghrib Tengah (Aljazair) dan meninggalkan dunia politik praktis.
Tahun 746 H, studinya terhenti akibat terjangkitnya penyakit Pes di sebagian besar belahan dunia bagian timur dan bagian barat. Banyak korban akibat dari penyakit yang sedang melanda itu. Karena situasinya berubah, akhinya Ibnu Khaldun mencari kesibukan kerja serta mengikuti jejak kakeknya untuk terjun ke dunia politik. Berkat komunikasinya dengan tokoh-tokoh dan ulama terkemuka setempat telah banyak membantunya mencapai jabatan tinggi.

B. Pemikiran Ibnu Khaldun
Ibnu Khaldun mengemukakan pemikiran baru yang menyatakan bahwa sistem sosial manusia dapat berubah seiring dengan kemampuan pola berpikir mereka, keadaan muka bumi di sekitar mereka, pengaruh iklim, makanan, emosi serta jiwa manusia itu sendiri.
Beliau juga berpendapat bahwa pola pemikiran masyarakat berkembang secara bertahap yang dimulai dari tahap primitif, pemilikan, peradaban, kemakmuran dan kemunduran (keterpurukan). Pemikiran Ibnu Khaldun dikagumi oleh tokoh sejarah keturunan Yahudi, Prof. Emeritus, Dr. Bernerd Lewis yang mengukuhkan tokoh ilmuwan itu sebagai ahli sejarah arab yang hebat pada abad pertengahan.
Felo Amat Utama Akademik Institut Antarbangsa Pemikiran dan Ketamadunan (ISTAC), University Islam Antarbangsa Malaysia (UIAM), Muhammad Uthman El-Muhammady juga melihat pendekatan (pemikiran) Ibnu Khaldun secara mendunia.
Karya Ibnu Khaldun yang menakjubkan (Mukaddimah) membuat beliau mendapat gelar Prolegomena atau pengenalan pada berbagai ilmu perkembangan kehidupan manusia di kalangan ilmuwan barat. Dari situ, Ibnu Khaldun mengutarakan pandangannya untuk memperbaiki kesalahan dalam kehidupan, menjadikan karya beliau seperti ensiklopedia yang mengisahkan berbagai perkara dalam kehidupan sosial manusia.
Kajian yang dilakukan Ibnu Khaldun tidak hanya mencakup kisah kehidupan masyarakat saat itu, tetapi juga merangkum sejarah umat terdahulu. Selain sebagai ilmuwan dalam bidang ilmu sosial, Ibnu Khaldun mampu menjalankan tugas dengan baik saat dilantik sebagai kadi (wali agama) ketika menetap di Mesir. Kebijaksanaan beliau mendorong Sultan Burquq yaitu Sultan Mesir pada waktu itu, memberi gelar Waliuddin kepada Ibnu Khaldun.
Ibnu Khaldun juga memajukan konsep ekonomi, perdagangan, kebebasan, beliau terkenal karena hasil kerjanya dalam bidang sosiologi, astronomi, numerologi, kimia serta sejarah. Beliau berpendapat bahwa tugas kerajaan hanya mempertahankan rakyatnya dari kejahatan, melindungi harta rakyat, memberantas penipuan dalam perdagangan dan mengurus pemasukan kas negara (upeti/ pajak).
Pemerintah juga melaksanakan kepemimpinan politik yang bijaksana dengan keterpaduan sosial dan kekuasaan tanpa adanya paksaan.
Dari segi ekonomi, Ibnu Khaldun memajukan teori nilai dan keterkaitan hubungan dengan tenaga kerja, mengenalkan pembagian kerja, membantu pemasaran terbuka,menyadari kesan dinamik permintaan dan modal penjualan serta keuntungan.
Wacana atau pemikiran Ibnu Khaldun juga diterapkan dalam kehidupan masyarakaat modern yang ingin mengimbangi pembangunan fisik dan spiritual. Secara teori,ilmu itu dikaitkan dengan persoalan manusia dalam masyarakat dan para ahli sosiologi berharap ilmu itu dapat menjalin keterpaduan serta membentuk pembenahan krisis moral yang dihadapi masyarakat saat ini.
Walaupun istilah sosiologi ditemukan oleh tokoh sosiologi kelahiran Perancis abad ke 19 yaitu Auguste Comte, tetapi kajian mengenai kehidupan sosial manusia sudah diurai oleh Ibnu Khaldun dalam kitabnya Mukaddimah, 500 tahun lebih awal, pada usianya 36 tahun.

C. Karya-karya Ibnu Khaldun
Sebagai sejarawan dan filsuf, ia memusatkan perhatiannya pada kegiatan menulis dan mengajar. Saat itulah karya besar lahir dari tangannya, yaitu :
1. Sebuah kitab Al-Ibrar wa Diwan Al-Mubtada’ wa Al-Khabar fi Ayyamal Al-‘Arab wa Al-Ajam wa al-Barbar atau yang sering disebut Al-Ibrar (Sejarah Umum), terbitan Kairo tahun 1284. Kitab ini terdiri atas 7 jilid yang berisi tentang kajian sejarah yang didahului oleh Muqaddimah (jilid I), yang berisi tentang pembahasan masalah-masalah sosial manusia.
2. Muqaddimah (yang sebenarnya merupakan pembuka kitab Al-Ibrar) popularitasnya melebihi kitab itu sendiri. Muqaddimah membuka jalan menuju pembahasan ilmu-ilmu sosial. Menurut pendapatnya, politik tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan, dan masyarakat dibedakan atas masyarakat desa (hadarah) dan kota (badawah). Oleh karena itu Ibnu Khaldun dianggap sebagai peletak dasar ilmu-ilmu sosial dan politik Islam.
3. Sejumlah kitab yang bernilai tinggi diantaranya At-Ta’rif bi Ibn Khaldun (autobiografi, catatan dan kitab sejarahnya) dan kitab teologi yaitu Lubabal Al-Muhassal Afkar Usul Ad-Din (ringkasan dari kitab Muhassal Afkar Al-Muttaqaddimin wa Al-Muta’akhirin karya Imam Fakhrudi Ar-Razi dan memuat pendapatnya tentang masalah teologi).

D. Pengertian Sosiologi
Dalam Muqaddimah ini pula Ibnu Khaldun menampakkan diri sebagai ahli sosiologi dan sejarah. Menurutnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang solidaritas sosial. Teori pokoknya dalam sosiologi umum dan politik adalah konsep ashabiyah (solidaritas sosial). Asal-usul solidaritas sosial adalah ikatan darah yang disertai kedekatan hidup bersama. Hidup bersama juga dapat mewujudkan solidaritas yang sama kuat dengan ikatan darah. Menurutnya, solidaritas sosial sangat kuat terlihat dalam masyarakat pengembara, karena corak kehidupan mereka yang unik dan kebutuhan mereka untuk saling membantu. Relevansi teori ini misalnya dapat ditemukan pada teori-teori tentang konsiliasi kelompok-kelompok sosial dalam menyelesaikan konflik tantangan tertentu. Relevansi teori Khaldun, misalnya juga dapat ditemukan dalam teori Ernest Renan tentang kelahiran bangsa. Tantangan yang dihadapi masyarakat pengembara dalam teori Khaldun tampaknya,meski tidak semua, paralel dengan “kesamaan sejarah” embrio bangsa dalam teori Ernest Renan. Kebutuhan untuk saling membantu mengatasi tantangan ini juga me miliki relevansi dalam kajian psikologi sosial terutama berkenaan dengan kebutuhan untuk mengikatkan diri dengan borang lain atau kelompok sosial yang lazim disebut afiliasi.
9.William Fielding Ogburn
A. Latar Belakang
William Fielding Ogburn lahir di Butler, Georgia pada tanggal 29 Juni 1886. Setelah beliau lulus dari Universitas Penyalur Tekstil, Georgia pada tahun 1905, beliau menginginkan untuk memasuki pekerjaan professional. Ogburn kemudian memulai studinya pada bidang sosiologi. Beliau adalah seorang profesor sosiologi di sebuah Perguruan Tinggi di Portland, Oregon. Selama 4 tahun beliau berda di sana. Kemudian beliau kembali ke Universitas Columbia. Pada tahun 1927, Ogburn dipanggil ke Chicago untuk mengajar pada sebuah Perguruan Tinggi. Beliau menerima gelar akademis kehormatan LL.D dari almamaternya dan juga dari Universitas Carolina Utara.
W.F. Ogburn merupakan ilmuwan pertama yang melakukan penelitian terinci mengenai proses perubahan yang sebenarnya terjadi. Beliau telah mengemukakan beberapa teori, suatu yang terkenal mengenai perubahan dalam masyarakat yaitu “ Cultural Lag” (artinya ketinggalan kebudayaan) adalah perbedaan antara tarif kemajuan dari berbagai bagian dalam kebudayaan dari suatu masyarakat. Ogburn berusaha untuk menunjukkan perbedaan-perbedaan antara teori biologis dengan berbagai teori evolusi tanpa mengesampingkan konsep evolusi secara menyeluruh.
W.F. Ogburn akhirnya meninggal di Tallahassee, Florida pada tanggal 27 April 1959.

B. Pengertian Sosiologi
Menurut William Fielding Ogburn, Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasil yang sebenarnya yaitu organisasi sosial. Beliau berusaha memberikan pengertian tertentu, walaupun beliau tidak memberi definisi tentang perubahan sosial. Beliau berpendapat bahwa ruang lingkup perubahan social mencakup unsur kebudayaan yang materiil dan immaterial, dengan menekankan pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan yang materiil terhadap unsur-unsur immaterial.

C. Ajaran-Ajaran Pokok
Beliau berpendapat bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan suatu kebudayaan adalah :
1. Discovery (penemuan-penemuan)
Ogburn mengemukakan ada sebanyak 150 perubahan sosial yang disebabkan oleh adanya radio.
2. Invensi
Ogburn mencatat ada 148 invensi atau penemuan semacamnya. Tiga bentuk efek dari invensi yaitu :
a) Dispensasi (efek beruntung) dari sebuah invensi mekanik
b) Sukses (efek sosial) lanjutan dari sebuah invensi
c) Konvergensi (munculnya beberapa pengaruh dari beberapa invensi secara bersama
3. Difusi
Yaitu penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu kelompok ke kelompok lainnya.
4. Akumulasi
5. Penyesuaian

D. Hasil Karya (1886-1959)
W.F. Ogburn menemukan penemuan baru yang dinamakan “ Social Invention” yaitu penciptaan penegelompokkan dari individu-individu yang baru atau penciptaan adat-istiadat baru, maupun perilaku sosial yang baru.
v “ Sosial Change with respect to culture and original nature ” 1992
v “ American Marriage and family relationship “ (dengan gorves) 1928
v “ Sosial Characters Stics of City “ 1937
v “ The Social Effect of Autation “ 1946
v “ Technology and the changing family “ (dengan nirmkoff) 1953